Dinsdag 07 Mei 2013

Membuat pemancar radio fm 1watt

Buat yang mau punya stasiun pemancar radio fm , cocok banget dengan biaya yang relatif murah kita bisa buat sendiri. Atau bisa juga buat radio komunikasi brik brikan jalur fm dengan sedikit modifikasi.
Pertama kita punya skema pemancarnya dulu, atau bisa tanya ama om google. 
  
Seytalah kita punya skemanya, selanjutnya membuat desain layout atau jalur pcb. Selanjutnya kita menyiapkan pcb polos dan lukislah sesuai jalur yang sudah kita buat menggunakan spidol permanen. Di sini saya menggunakan spidol permanen snowman type m dan f, perbedaanya m matanya besar dan f kecil. Keduanya beeguna saat melukis jalur pcb.
Setalah melukis selesai di lanjutkan ke proses pelarutan pcb menggunakan zat kimia feCl, atau biasa di sebut pelarut pcb yang biasa di jual toko komponen elektronik. Caranya pelarut tadi di campur air hangat secukupnya.i
Setelah pelarutan selesai bersihkan pcb dengan air dan lap lukisan spidol. Kalau ada menggunakan alkohol atau tiner untuk menghapus lukisan spidol agar lebih cepat bersih. Langkah slanjutnya pengeboran sesuai dengan tata letak kaki komponen.
Setelah selesai lanjutkan dengan penolderan komponen. Pastikan merakit bagian osilator terlebih dulu, karema frekuensi radio dihasilkan oleh rangkaian ini, dengan menghubungkan ke power supply 12v, kemudian cari gelombangnya menggunakan radio fm. Untuk menentukan frekuensi pemancar putar trimmer capasitor pada osilator.
Setelah berhasil dapat di lanjutkan merakit tingkat berikutnya.  Output dari pemancar ini sekitar 1 wat dengan final c1970. 
Pastikan saat pwngetesan outpt Rf di hubungkam ke beban baik itu antena, dummuload. Atau tesistor 50 ohm 5watt.h

Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking